Dalam era globalisasi dan pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih membuat dunia perbankan berlomba-lomba untuk mengembangkan pelayanan yang dapat mereka lakukan. Salah satunya adalah dengan electronic banking (e-banking). Berdasarkan data yang saya ketahui, bank yang saat ini unggul dalam electronic banking adalah Bank Central Asia (BCA). Hal ini terlihat dengan banyaknya automatic teller machine (ATM) yang beredar di masyarakat kita. Dan bank ini juga bekerja sama dengan bank lain dan membentuk jaringan yang disebut dengan ATM prima.

            Dengan adanya e-banking ini maka nasabah juga akan diberi kemudahan untuk melakukan transaksi. Dan biaya yang dikenakan juga tidak terlalu mahal jika dibandingkan ketika kita harus melakukan transaksi pada bank terdekat. Selain itu, bagi bank itu sendiri, pengadaan fasilitas ini juga menguntungkan bagi mereka karena mengurangi biaya operasional.

            Kondisi yang sekarang terjadi adalah bank-bank berlomba untuk mencari inovasi baru dalam mengembangkan e-banking, namun pemanfaatannya sendiri oleh nasabah bisa dibilang masih sedikit. Hal ini dikarenakan nasabah masih kurang mengenal produk-produk yang ditawarkan oleh bank-bank tersebut.