Sedikit merenung akan mimpi-mimpi kembali, Dan terkadang impian itu hadir begitu  nyata, seakan berada dekat didepannya. Meski terkadang impian itu berada sangat    jauh.

Seorang pemimpi yang berupaya merealisasikan mimpi-mimpinya akan selalu yakin  bahwa impiannya akan terwujud suatu hari nanti. Ia sadar bahwa dalam  merealisasikannya tidak mudah. Butuh perjuangan lebih untuk menggapainya, tidak  hanya sekedar berpangku tangan saja. Ia akan senantiasa bersemangat dan selalu  mencoba meskipun kegagalan berada didekatnya. Butuh kesungguhan tekad,  kedisiplinan amal, kejelian membaca situasi dan yang terpenting tidak mengenal  istilah  putus asa. Hal inilah yang membuat pribadi seseorang menjadi lebih kuat.

Berbeda dengan pendapat orang yang menyatakan bahwa biarlah hidup ini mengalir  apa adanya. mereka tidak mengetahui tujuan jangka panjang mereka. Ke arah mana  hidup mereka akan dibawa. Apakah akan dilabuhkan pada suatu hal yang baik atau  biarlah takdir membawanya layaknya kapal dilautan yang terbawa ombak tak  menentu arah.

Sehingga, kita perlu merumuskan kembali impian-impian kita. Mengarahkannya pada suatu target yang jelas. Menyusun strategi untuk menggapainya. Dengan demikian kita dapat memprediksi apakah impian yang kita rumuskan tadi dapat terwujud atau tidak. Ketika rumusan mimpi-mimpi tersebut tertanam dalam diri, maka tinggal kesungguhan ikhtiar serta doa untuk dapat merealisasikannya. “man jadda wa jadda”, Siapa yang bersungguh-sungguh dalam mengejar sesuatu maka insya Allah ia akan mendapatkan atas apa yang telah diupayakannya.

Teringat kata-kata dari Hasan Al-Banna yang mengatakan bahwa “kenyataan hari ini adalah mimpi kemarin dan impian hari ini adalah kenyataan esok hari”. Andria Hirata pun berkata “bermimpilah karena Tuhan akan menyimpan mimpi-mimpimu”.

Teruslah bermimpi karena mimpi akan menjadi awal dari sebuah kesuksesan.

Dan yakinlah bahwa suatu saat kita dapat mewujudkan mimpi-mimpi kita.

jangan pernah menyerah dalam menggapai mimpi-mimpi kita…

teruslah melangkah hingga lelah itu datang…

teruslah berusaha meski lelah itu datang…

hingga kita dapati kesuksesan akan upaya yang telah kita lakukan…