Satu hal yang saya dapatkan hari ini, 14 November 2010, adalah suatu spirit. Ya…semangat baru yang kembali muncul karena saya memiliki salah satu target baru dalam perencanaan jangka menengah saya. Semangat yang saya dapatkan setelah menghadiri Franchise Expo di JCC, senayan. Suatu expo yang sangat membuka wawasan saya tentang luasnya peluang bisnis yang ada. Mulai dari sektor kecil hingga besar.

Ya…. 30 juta per bulan pada tahun 2013?

Dasar saya menetapkan target ini adalah suatu pertimbangan akan realitas yang seharusnya bisa saya capai dengan memaksimalkan potensi yang ada. Dan saya berharap bahwa target ini tidak hanya menjadi impian saja, tetapi merupakan suatu target yang harus saya capai atas izin Allah tentunya. Saya berusaha menetapkan target ini pada tahun 2013 dan akan saya tingkatkan target pendapatan saya pada tahun-tahun berikutnya. Hal ini saya lakukan karena semua harga barang di dunia ini akan senantiasa bertambah. Saya berpikir bagaimana nanti nasib keluarga saya ketika biaya sekolahpun sudah sangat mahal, harga barang kebutuhan sehari-haripun akan meningkat drastis. Maka yang harus saya lakukan adalah meningkatkan penghasilan saya untuk menjamin kehidupan keluarga saya dengan sejahtera nantinya.

Satu hal yang menjadi pertanyaan adalah bisakah saya dapatkan dalam waktu 3 tahun jika saya hanya bekerja pada suatu perusahaan?. Dan dapat dengan pasti saya jawab bahwa hal tersebut cukup mustahil.Oleh karena itu, saya harus mencari penghasilan lain diluar dari pekerjaan saya. Penghasilan yang dapat saya dapatkan dengan membangun bisnis dan melakukan kegiatan investasi di pasar modal.

Pencapaian target tersebut akan sulit tanpa adanya rencana program yang jelas. Oleh karena itu, rencana yang harus saya lakukan mulai dari sekarang adalah:

1.      Mencari pekerjaan yang cukup menguntungkan dengan jaminan yang cukup baik. Target ini harus saya dapatkan pada tahun 2010. Saya berharap akan mendapatkan banyak pengalaman yang berharga dari pekerjaan ini serta dapat membuat saya menjadi seorang profesional.

2.      Memperbaiki Pengelolaan Frozii, Suatu bisnis beverage yang berangkat dari soft ice cream. Bisnis ini telah saya coba  inisiasi sejak 7 bulan yang lalu dan sampai saat ini terus mengalami beberapa kendala, mulai dari ditipu orang, kerumitan birokrasi, instalator PLN yang bekerja sangat lama, renovasi tempat sehingga operasionalpun harus dihentikan, kehilangan pelanggan, dan lain sebagainya. Terkait dengan hal tersebut maka harus saya lakukan dalam waktu dekat ini adalah mencari tempat yang strategis. Tempat lain yang akan saya jadikan market research adalah wilayah Jakarta dan bandung. Dan saya berharap bisnis ini nantinya akan berkembang dan memiliki cabang.

3.      Menyelamatkan Unit link di pasar modal dengan level full equity. Saya sudah memulai ini pada tanggal 24 Juli 2008. Dan poin hingga tanggal 15 Juli 2010 adalah Rp. 1.798,93/unit. Saya berharap nilai poin ini akan senantiasa bertambah. Saya ingin menyelematkan hal ini karena sekarang saya telah memasuki tahun ketiga dimana pembagian keuntungan dari modal yang saya masukan adalah sebesar 85%  yang akan dikelola oleh fund manager. Share sebesar 85% akan saya dapat pada tahun 2010, 2011 dan 2012. Dan pada tahun 2013 saya akan mendapatkan keuntungan dari level equity sebesar 100%. Suatu investasi yang cukup aman untuk masa depan. Bentuk investasi ini insya Allah akan saya lakukan sebagai bekal untuk kehidupan keluarga di masa depan.

4.      Belajar untuk melakukan investasi di pasar modal. Hal ini akan saya pelajari dari kenalan yang cukup ahli berkecimpung di dunia tersebut mulai dari tahun 2010. Rencana saya melakukan ini adalah melakukan investasi jangka panjang dan melihat peluang di pasar sekunder. Hal yang akan coba saya hindari adalah melakukan permainan jangka pendek di pasar uang. Namun tidak menutup kemungkinan untuk mempelajari jenis investasi money market seperti forex dan trading lainnya.

5.      Belajar bisnis properti dari kenalan yang sangat dekat dan beliau merupakan seorang developer. Saya akan mempelajari secara intensif tentang seluk beluk dunia properti pada bulan desember 2010. Jika saya sudah bekerja saya dapat mempelajarinya pada hari sabtu atau minggu dan Alhamdulillah beliau telah mengizinkan saya. Tujuan dari saya belajar hal ini, minimal adalah dapat mengerti apabila saya harus membangun properti sendiri nantinya. Dan saya berharap suatu saat saya dapat menjadi pengusaha sukses di bidang properti.

6.      Mengembangkan bisnis pada tahun kedua saya bekerja. dalam hal ini saya akan mencari supporting dana dari perbankan yang menyediakan pembiayaan dana tanpa perlu adanya pengalaman usaha 2 tahun selama dana yang dipinjam tidak melebihi platform yang telah ditentukan yaitu 100 juta. informasi ini saya dapatkan dari expo yang saya hadiri pada hari ini. Dan pada hari ini saya juga menemukan suatu perusahaan yang sudah cukup besar yang menerima investasi dana dengan pengembalian modal yang cukup menarik yaitu sekitar 17%. Suatu nilai yang cukup besar jika dibandingkan dengan deposito dan obligasi yang dikeluarkan pemerintah. Selain itu, investasi ini dijaga oleh hukum yang berlaku di Indonesia dan sistem keuntungannya didapatkan seperti sistem obligasi yaitu menggunakan Coupon yang didapat pada awal kesepakatan dan bersifat flat.

Semoga apa yang saya rencanakan ini dapat saya capai. Dan saya sangat percaya bahwa Allah akan mengabulkan impian kita selama kita berdoa dan berusaha sekuat yang kita mampu. Dan saya percaya rezeki Allah akan datang dari arah yang tidak diduga dan saya akan senantiasa berusaha untuk mencoba peluang yang ada karena satu hal yang saya tahu, “Jangan pernah berputus asa terhadap rahmat Allah, Sesungguhnya rahmat  Allah sangatlah luas”.

Ya Allah… tolong mudahkan rencana hidup ini agar dengan rezeki yang saya dapatkan, Saya dapat lebih membantu banyak orang dengan harta yang saya miliki dan membuka lapangan kerja buat orang lain sehingga kehidupan mereka dapat terbantu. Dan saya dapat menjamin kesejahteraan hidup keluarga saya nantinya.

 

Bermimpilah maka Tuhan akan menggenggam mimpi-mimpimu” -Sang Pemimpi-

“Tuliskanlah mimpi-mimpimu seakan ia dekat denganmu….” –B.A.N-

“Impian dan harapan akan suatu tujuan kan membuatmu bersemangat dalam menjalani hari-hari….”-B.A.N-

“Percaya….Percaya….dan Percaya…untuk suatu kebaikan”


Ikhtiar, Doa, Tawakal, Bismillah….

Be a profesional, Be an Entrepreneur….