20 Agustus 2006, Saat kupijakan kaki di Sabuga sebagai langkah awal dalam mengenyam pendidikan di kampus Ganesha, ITB, yang katanya Institut Terbaik Bangsa, Institut yang banyak melahirkan pemimpin-pemimpin besar. Dan masih akan melahirkan pemimpin-pemimpin besar lainnya.

Banyak hal yang kupelajari ditempat ini, mulai dari mengenal orang-orang baru hingga perpolitikan kampus. Suatu pelajaran berharga yang saya dapatkan dari suatu proses transformasi internal dan eksternal. Terlebih lagi, di kampus ini, saya banyak bertemu dengan orang-orang hebat dan sahabat-sahabat yang senantiasa berbagi. Melalui mereka, saya senantiasa terpacu untuk mengembangkan diri lebih baik lagi. Saya sepakat dengan ungkapan bahwa “lingkungan akan mempengaruhi bagaimana seseorang berperilaku” dan inilah yang saya alami. Saat saya melihat kondisi lingkungan saya baik maka saya akan berusaha untuk berkembang lebih baik. Selain itu, saya memiliki sahabat-sahabat yang senantiasa membantu ketika terdapat suatu masalah yang cukup mengganggu. Hal inilah yang saya syukuri ketika berada di kampus ITB.

Setelah empat tahun berlalu, saya sadari bahwa semua itu hanya menjadi suatu pelajaran dan kenangan yang melekat pada diri ini. Suatu pelajaran berharga yang saya dapatkan dengan bertemu orang-orang seperti mereka. Pelajaran karena adanya suatu interaksi antar individu melalui proses berbagi, baik itu disadari maupun tidak disadari.

Proses berbagi itulah yang mendasari terjadinya suatu transformasi dari suatu fase ke fase lainnya. Meski pada akhirnya kita akan berpisah untuk melanjutkan ke tahapan yang lebih baik, proses inilah yang harus tetap ada dan berlangsung. Dan pada akhirnya kita akan dapat berbagi lebih banyak untuk orang lain. Berbagi akan indahnya proses hidup ini dan hambatan yang senantiasa melekat padanya.

Kawan….
Selamat melanjutkan perjuangan…
Perjuangan dalam mencapai Ridho-Nya
Teruslah Berkembang untuk menjadi lebih baik
Dan teruslah berbagi….
Karena jika bahagia dan derita akan menjadi masa lalu pada akhirnya,
Maka mengapa mesti dirasakan sendiri,
Sedangkan berbagi akan membuatnya lebih bermakna…

To : All of my friends, Thanks🙂